INILAH VARIASI JENIS IKAN BAWAL

/

Salah satu ikan yang tidak sedikit dibudidaya atau ikan yang dipelihara ialah ikan bawal. Ikan Bawal ini seringkali berada di perairan air tawar. Untuk mengetahui ciri-ciri ikan bawal kamu bisa baca di petpintar.com. Jenis ikan ini diduga berasal dari Hawaii maupun Brazil. Bagi nama internasional, Ikan ini mempunyai nama black pomfret. Ikan yang populer ini pasti tidak sedikit yang mengetahuinya. Dan di negara Indonesia, ikan bawal dapat ditemukan di sejumlah tempat laksana Laut Jawa, Selat Malaka, sepanjang perairan Kalimantan, Sulawesi Selatan, Laut Arafuru, sampai utara, yaitu teluk Bengal. Teluk Siam, sepanjang Laut Cina Selatan dan negara Filipina. Hadirnya ikan bawal ini lumayan populer pun karena tidak sedikit yang suka mengonsumsinya.

  1. IKAN BAWAL HITAM

Ikan bawal hitam ini mempunyai nama internasional yaitu black pomfret. Di Indonesia sendiri, ikan bawal hitam ini dapat saja ditemukan di Selat Malaka, Laut Jawa, dan sepanjang perairan Kalimantan, Laut Arafuru, Sulawesi Selatan. Kemudian, ikan Bawal hitam berada sampai utara, yaitu sampai ke teluk Bengal maupun teluk Siam dan sepanjang Laut Cina Selatan maupun di Filipina. Biasanya, ia hidup di dasar perairan yang mempunyai lumpur khususnya di sejumlah daerah muara sungai. Buat ikan bawal gelap, mempunyai bentuk badan ceper dengan besar badan yang besar hingga kolam koyak kupat. Warna tubuhnya juga abu-abu keunguan pada unsur atas serta putih perak di unsur bawah.Untuk makanannya ikan bawal hitam ialah tumbuhan dan tidak jarang memakan udang, ikan kecil, dan lainnya. Ikan jenis ini punya nilai lumayan tinggi di pasaran.

  1. IKAN BAWAL PUTIH

Untuk jenis ikan bawal dengan warna putih, ini seringkali sering dinamakan dengan nama kuli paser putih. Kemudian, ikan bawal putih ini seringkali mempunyai lingkungan hidup di wilayah perairan pantai, payau ataupun dapat juga di air tawar. Sama laksana jenis yang hitam, ikan jenis ini seringkali hidup di unsur dasar air dengan suasana berlumpur, sampai kedalaman 100 meter dan ingin berada di kedalaman 15 – 25 meter. Mereka juga suka dan sering menyusun gerombolan dalam jumlah besar. Untuk penyebarannya, ikan bawal di Indonesia seringkali meliputi di wilayah pantai unsur timur Indonesia, Laut Jawa, lantas bagian unsur timur Sumatera, serta pantai laut Cina Selatan. Tubuh ikan bawal putih ini paling lebar menyerupai format belah ketupat. Untuk makanannya sendiri, ikan bawal lazim senang plankton agresif udang ataupun demikian banyak tipe ikan- ikan kecil. Buat corak badan ikan bawal ini yakni abu- abu di faktor atas lalu putih perak di faktor dasar. Sirip- siripnya pula memiliki corak tidak banyak hitam serta dimensi badan ikan bawal putih yang terjebak acapkali 15– 20 centimeter serta jauh maksimum bisa menjangkau 29 centimeter.

Hubungi Kami

petpintar.com

[email protected]

+6281211216467

Leave a Comment